Disperindag Pacitan Dorong IKM Pacitan Menggunakan Media Online Untuk Pemasaran

Disperindag Pacitan Dorong IKM Pacitan Menggunakan Media Online Untuk Pemasaran
Daftar Isi Artikel
ikm-pacitan-siap-go-online
Salah Satu Peserta Pelatihan Bisnis Online Saat Sedang Praktek Mengambil Gambar Produk

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan akses internet, maka semakin berkembang pula peluang - peluang usaha yang bisa dikembangkan. Peluang inilah yang dilihat oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pacitan untuk mengembangkan pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM) menggunakan teknologi informasi. 

Dengan mengambil tema Pelatihan Bisnis Online Bagi IKM di Kabupaten Pacitan, Dinas Dinas perindustrian dan Perdagangan Pacitan melatih 30 IKM - IKM yang ada di Pacitan. Bukan hanya IKM yang bergerak pada sektor olahan kuliner saja yang dilatih tetapi meliputi IKM Furniture, Fashion, Kerajinan Batik, Souvenir, Kerajinan Kulit, Kerajinan Tembaga, Kerajinan Batu maupun kerajinan dari bahan daur ulang.

Menurut Sri Kusumo, SIP, MM Kepala Bidang Perindustrian Dinas perindustrian dan Perdagangan Pacitan. Pelatihan yang diselenggarakan selama 2 hari (17-18 Oktober 2017) dengan memanfaatkan fasilitasi Akademi Komunitas Negeri (AKN) ini harapannya bisa mendorong IKM - IKM yang ada di Pacitan memanfaatkan media online untuk sarana promosi dan transaksi produk - produknya. 
"Dengan adanya media sosial seperti facebook, instagram kemudian marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Teknologi sangat mendukung berkembangnya ekonomi digital", Ucapnya saat membuka pelatihan IKM Pacitan go Online ini.

pelatihan-ikm-pacitan-siap-go-online-disperindag-pacitan
Photo Bersama Peserta Pelatihan Dengan Narasumber
Sementara itu menurut salah satu narasumber Tri Cahyo Nugoroho menjelaskan mengenai materi apa saja yang diberikan kepada peserta. 

"IKM - IKM pada pelatihan ini dibekali dengan pengetahuan dan praktek menggunakan media sosial dan marketplace. Begitu juga dengan fotografi produk serta cara pengiriman barang secara online" Ucap Peneliti di Badan Penelitian Pengembangan dan Statistik Kabupaten Pacitan ini.

Pasca pelatihan ini tidak lantas kemudian berhenti, akan tetapi akan tetap difasilitasi dalam bentuk forum IKM online Pacitan yang direncanakan menggunakan sekretariat di bekas pasar sawo. Forum ini nantinya sebagai tempat diskusi dan berinteraksi antar pelaku IKM yang sudah dilatih.  

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
Grapefruit slice atop a pile of other slices